Pentingnya Oil Boom dan Kegunaanya

Pentingnya Oil Boom dan Kegunaanya Untuk Menanggulangi Tumpahan Minyak


Oil Boom adalah peralatan Penanggulangan Tumpahan Minyak yang berfungsi sebagai alat pelokalisir minyak agar tidak menyebar kemanapun. dengan menggunakan peralatan ini, maka minyak yang tumpah di perairan akan dilokalisir dalam satu tempat agar memudahkan untuk penanganan selanjutnya.

Oil Boom adalah peralatan yang pertama kali harus dimiliki oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang Migas, maupun Perkapalan, Docking dan Pemilik Jetty. Mengapa peralatan ini harus dimiliki pertama kali?, Seperti halnya APAR, hal pertama kali yang harus dimiliki adalah peralatan tabung kecil yang disimpan disetiap sudut ruangan yang rawan terjadi kebakaran, begitupula dengan Oil Boom ini, untuk mengantisipasi agar apabila terjadi tumpahan, minyak tidak cepat meluas.

Melihat pentingnya peralatan ini untuk menjaga kelestarian Lingkungan perairan, oleh karena itu pemerintah mengeluarkan peraturan perundangan-undangan yang bertujuan untuk mengajak kita bersama-sama menjaga lingkungan maritim. adapun undang-undang tersebut diatur dalam :
  1. PM Perhubngan No 58 Tahun 2013, dimana diatur setiap Pelabuhan ataupun Jetty wajib memiliki Oil Spill Equipment.
  2. KM Perhubungan No 4 Tahun 2005, dimana diatur setiap kapal dengan tonase yang berbeda-beda wajib memiliki Oil Spill Equipment, begitupun perusahaan Tank Cleaning.
  3. PP No 21 Tahun 2010, Untuk setiap kapal dengan harus memiliki Oil Spill Equipment
 Untuk Oil Boom sendiri terdiri dari beberapa bagian: 



Dan Oil Boom pun terdiri dari 2 Tipe yaitu :


  • Solid Floatation dimana Float terbuat dari bahan Fiber atau HDPE dan disi oleh PU Foam atau Float terbuat dari Bahan Polyester dan diisikan PU Foam, Biasanya Pemakaian oil boom ini di daerah Onshore.
  • Inflatable Boom dimana Float terbuat dari Polyester yang didalamnya terisi angin untuk mengembangkannya. Biasanya Type Inflatable dipakai di Offshore.
Sekian informasi umum tentang pentingnya Oil Boom, dan kegunaanya.
jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan dapat hubungi saya.

Salam Hangat
Pras Setiyo Hadi Saputro
Hp/WA : 0822-6043-2484
email : pras@slickbar.com

Komentar